A
. LATAR BELAKANG
Nama Perusahaan : Ayuhijab
Bidang usaha : Produk hijab
Jenis Produk : Hijab modern syar’i
Alamat perusahaan : Jl. Raya Labuan km. 03 Cidangiang, Pandeglang
Nomor telepon :
E-mail : ayurrahayuu@gmail.com
Dimulai
dari bisnis rumahan Ayuhijab kita tau bahwa Hijab adalah kebutuhan yang
diperlukan oleh seorang muslimah sejati, bukan hanya untuk menutupi auratnya
tetapi juga sebagai penenang hati dan pikiran yang memunculkan suatu keindahan
dan keanggunan seorang wanita yang sholehah, dewasa ini kebudayaan berhijab
semakin meluas terutama karena banyaknya tuntutan-tuntutan yang bersifat
paksaan. misalnya, di sekolah-sekolah yang mewajibkan para siswi-nya
berkerudung, adanya pelatihan soft skill khusus di dunia kampus yang membahas
tentang kerohanian islam dan menganjurkan setiap muslimah untuk menutup
auratnya. namun demikian, anjuran menutup aurat tersebut seringkali di abaikan
karena banyak mahasiswi yang beranggapan bahwa hijab akan membatasi
kreativitias fashion mereka .
Berhijab
akan membuat wanita semakin cantik dan anggun, jadi anggapan tadi adalah salah.
hijab akan terlihat lebih menarik dengan memodifikasi hijab yang di gunakan
menjadi berbagai model dan dikreasikan dengan busana yang dikenakan .
Oleh karena itu saya membuat proposal yang
berjudul “Ayuhijab” untuk memenuhi kebutuhan para mulimah terhadap hijab yang
modern tetapi tetap syar’i dan menjadikan jawaban bagi hijabers yang sudah bosan
dengan model yang sudah ada, saya akan menciptakan banyak inovasi hijab sesuai
dengan era modern ini, karena seorang hijabers tidak boleh ketinggalan zaman
dengan trend masa kini yang sudah semakin bervariasi, Ayuhijab menjadikan
seorang muslimah menjadi lebih cantik, sopan, menarik dan sesuai dengan trend model masa
kini.
Melihat
banyak sekali hijabers yang bingung memilih hijab yang nyaman, pas di hati,
tidak menimbulkan panas, ribet dan membatasi gerak, sehingga Ayuhijab dibuat
dengan mengutamakan pada kualitas agar para pengguna Ayuhijab akan merasa nyaman,
tidak panas dan sejuk. tidak hanya sejuk di rasakan oleh diri sendiri, tapi
juga sejuk di lihat oleh orang lain.
Ayuhijab
akan memberikan yang terbaik untuk seluruh wanita muslimah. oleh karena itu, saya menawarkan produk yang sesuai dengan
perkembangan zaman dan trend. keunikan dari Ayuhijab ini adalah coraknya yang unik dan modern yang
akan cocok di pakai oleh semua bentuk kepala, baik lonjong, bulat maupun
panjang yang akan memunculkan aura ketenangan seorang wanita muslimah sejati
serta memancarkan kesejukan dari dalam hati .
harapan
saya adalah bisa sukses di masa yang akan datang oleh karena itu kritik dan
saran dari pembaca sangat saya syukuri, nikmati dan harapkan untuk kebaikan di
masa yang akan datang.
B.
VISI USAHA
Mendorong
kaum hawa untuk berhijab dan Membangun perusahaan Ayuhijab yang maju, unggul,
kreatif, inovatif, bermanfaat bagi masyarakat serta mengutamakan pada kualitas.
C.
MISI USAHA
1. Menjual
produk yang cantik, menarik, modern, anggun, unik dan cocok bagi semua wanita,
2. Memberikan
produk dengan kualitas terbaik,
3. Meningkatkan
minat para muslimah untuk berhijab,
4. Membuat
model kreasi hijab dengan trend masa kini,
5. Membuat
model hijab terbaru sesuai dengan kebutuhan dan permintaan konsumen,
6. Memberikan
pelayanan yang terbaik kepada konsumen
D. ANALISA PELUANG USAHA
1. SWOT ANALISIS
a. Strength
(Kekuatan)
Produk
Ayuhijab dibuat dengan bentuk yang unik,
terkesan elegan dan nyaman untuk di pakai, konsumen juga dapat mendesign
sendiri sesuai karakter dan seleranya.
b. Weaknesses
(Kelemahan)
Usaha
hijab sudah banyak di setiap wilayah dan sudah banyak yang popular, maka dari
itu Ayuhijab akan melakukan promosi yang gencar agar masyarakat dapat mengenal
Ayuhijab dan tertarik untuk membelinya.
c. Opportunities
(Peluang)
Pangsa
pasar luas dan produk bukan bersifat umum, sehingga bisa bertahan dan
dijalankan kapan saja.
d. Threats
(Ancaman)
Pesaing
dapat bekerjasama dengan artis untuk mempromosikan produknya ke masyarakat luas.
2.
GAMBARAN UMUM
PEMASARAN
a. Segmentasi
Mencakup untuk semua segmen pasar dari masyarakat
kalangan bawah sampai atas dari umur 12 tahun s/d 50 tahun.
b. Target
Target pasar sasaran adalah anak sekolah SMP dan
sederajat, SMA dan sederajat, Mahasiswi, perkerja, dan masyarakat secara
keseluruhan.
c. Keunggulan
Bahan atau kain perca di buat dengan kualitas yang
sangat baik dan mengutamakan pada kenyamanan para konsumen dan memberikan
ketenangan jiwa.
d. Wilayah pemasaran
Usaha Ayuhijab akan didirikan di Jl. Raya Labuan km.03
cidangiang, pandeglang selain itu akan di pasarkan melalui online seperti :
youtube, facebook, twitter, instagram, blog, line dan bbm, dan sosial media
yang lainnya.
e. Permintaan
a. Jumlah
permintaan terhadap produk sangat tergantung dari jumlah produksi produk dan
tingkat penawaran produknya sendiri,
b. Proyeksi
Permintaan
NILAI
|
PERMINGGU
|
PERBULAN
|
Baik
|
100
|
400
|
Sedang
|
70
|
280
|
Buruk
|
40
|
160
|
jumlah
|
210
|
840
|
f.
Penawaran
a. Jumlah
produk sejenis di pasar
Bisnis hijab sudah marak sekali di
pasaran, apalagi model hijab yang monoton, oleh karena itu Ayuhijab menciptakan produk yang menarik sehingga
konsumen akan melirik dan berminat untuk membelinya.
.
b. Kapasitas
produksi pesaing
Kapasitasnya sangat besar sekali,
dengan model yang sudah terkenal dalam kalangan bawah maupun atas, seperti :
elzatta, rabbani, kamidea, moshaict, mexialita, indihijab dan lain-lain.
Sehingga produk ayuhijab harus berbeda dengan produk pesaing dan memiliki
berbagai keunggulan yang sudah di jelaskan.
c. Proyeksi
penawaran pesaing
Untuk penawaran pesaing, misalnya di
ambil contoh hijab rabbani, rabbani melakukan penawaran dengan memasarkan
produknya secara online dan di sebar di tempat tempat yang mudah di kunjungi
target pasarnya. namun, tidak melakukan penawaran dengan mengurangi harga dari
produk meskipun sudah banyak pesaing rabbani yang menetapkan harga jual jauh di
bawah harga jual rabbani.
d. Pangsa
pasar
Pangsa pasar Ayuhijab sangat luasdari
kalangan masyarakat bawah hingga atas bisa menjadi target pasar, dengan pangsa
pasar yang luas itu maka peluang bisnis juga akan terbuka lebar. target pasar
adalah masyarakat yang memakai hijab, mahasiswi, anak sekolah, pekerja kantoran.
E. MARKETING MIX
Berikut
ini uraian mengenai rencana strategi pemasaran pesaing yang terdiri dari
marketing mix, yaitu 4P (Product, Price, Promotion, Place) :
1. Product (Produk)
Ayuhijab
dipasarkan dan diberi label brand yaitu “Ayuhijab” per pcs agar terlihat eksklusif.
2.Price (Harga)
Hijab
per pcs akan dijual dari harga Rp.30.000,00 s/d Rp.75.000 per pcs. adapun
perhitungan lebih rinci mengenai penetapan harga jual terdapat di bagian Perhitungan
modal dan harga jual.
3.Promotion (
Promosi )
o Iklan
( advertising )
Media
Cetak :
Poster, famplet dan Spanduk,
Media
Online : Twitter, Facebook, Instagram, blog,
line, bbm dan youtube.
o Sales
promotion
Promosi melalui acara atau pameran bazaar. Msalnya :
pameran di sekitar kampus, mall, sekolah,
dll.
o Personal
selling
Promosi
melalui penjualan langsung konsumen atau teman .
4.Place ( Tempat )
Penempatan
penjualan hijab yaitu di toko yang beralamat di Jl. Raya Labuan km.03 cidangiang
pandeglang. Untuk rencana penempatan penjualan akan di bagi kedalam beberapa
point rencana, diantaranya :
o Membuka
kerjasama dengan masyarakat yang ingin menjadi agen reseller,
o Membuka
stand di pasaran dan sekolah,
o Menjual
dan mempromosikan melalui media social.
F.
PERHITUNGAN MODAL DAN HARGA JUAL
1.
PERHITUNGAN MODAL
A .Proses produksi
o
Membuat pola hijab
o
gosok terlebih dahulu
bahan tersebut
o
potong bahan sesuai pola
tersebut
o
bahan yang sudah di
potong dan di gosok lalu di jahit dengan mesin jahit sesuai dengan design yang
di buat .
berikut ini tabel
rencana produksi pada bulan pertama :
Minggu
|
Rencana produksi dalam unit
|
1
|
170
meter bahan 100 pcs hijab
|
2
|
170 meter bahan 100 pcs hijab
|
3
|
170
meter bahan 100 pcs hijab
|
4
|
170 meter bahan 100 pcs hijab
|
Jumlah
|
680
meter bahan 400 pcs hijab
|
B .Rencana
kebutuhan dan pembelian bahan
o kebutuhan
barang
bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan
hijab adalah bahan atau kain, dan asesoris.
o rencana
pembelian barang
rencana pembelian barang akan
dilakukan setelah semua perencanaan akan proses pembuatan hijab selesai.
o rencana
kebutuhan tenaga kerja langsung
untuk rencana kebutuhan tenaga kerja
langsung di perlukan 8 tenaga kerja untuk membantu dalam proses pembuatan
hijab. Untuk selanjutnya apabila permintaan produk meningkat akan ditambah
tenaga kerja casual atau non-permanen untuk membantu .
kebutuhan
perlengkapan dan peralatan :
Perlengkapan :
1. Meja
2. Kursi
3. Komputer
4. ATK
5. Kertas
6. Benang
7. Kapur
biru
Peralatan :
1. Mesin
jait
2. Jarum
3. Gunting
4. Meteran
5. Penggaris
6. Rader
7. Skala
o Kebutuhan
tempat
Dalam
bisnis pembuatan hijab di perlukan 3 tempat untuk penempatan 3 proses, yaitu : Ruangan untuk pemotong
pola bahan dan menggosok bahan, ruangan untuk menjahit dan ruangan untuk
pengemasan barang dan penjualan .
o Kebutuhan
sarana
Kebutuhan sarana utama
untuk pembuatan hijab adalah sarana listrik, air dan transportasi.
C .Biaya – Biaya
a. Biaya
administrasi
Biaya administrasi per tahun :
·
Biaya pajak Rp. 20.000,00
·
Biaya distribusi Rp. 300.000,00
·
Biaya lain-lain Rp.
. 200.000,00
Jumlah Rp.
520.000,00
b. Biaya
tenaga kerja
6
orang pekerja @Rp. 1.000.000,00 per bulan Rp. 6.000.000,00
c. Biaya
peralatan
|
|
|
|
|
NO
|
BARANG
|
BUAH
|
SATUAN
|
JUMLAH
|
1
|
Mesin jahit
|
2
|
Rp.1.000.000
|
Rp. 2.000.000
|
2
|
Gunting
|
3
|
Rp. 5.000
|
Rp. 15.000
|
3
|
Meteran
|
3
|
Rp. 20.000
|
Rp. 60.000
|
4
|
Penggaris
|
3
|
Rp. 5.000
|
Rp. 15.000
|
5
|
Rader
|
3
|
Rp. 10.000
|
Rp. 30.000
|
6
|
Kapur
|
3
|
Rp. 3.000
|
Rp. 9.000
|
7
|
Skala
|
3
|
Rp. 5.000
|
Rp. 15.000
|
8
|
Gosokan
|
2
|
Rp. 50.000
|
Rp. 100.000
|
9
|
Komputer
|
1
|
Rp.5.000.000
|
Rp. 5.000.000
|
|
Jumlah
|
|
|
Rp.7.244.000
|
d. Jumlah
produksi 300 pcs perbulan :
NO
|
NAMA BAHAN
|
UNIT
|
PER PCS
|
TOTAL BIAYA
|
1
|
Bahan / kain
|
1.000 meter
|
Rp. 25.000
|
Rp. 25.000.000
|
2
|
Karet
|
20pcs
|
Rp. 5.000
|
Rp. 100.000
|
3
|
Benang
|
500 buah
|
Rp. 3.000
|
Rp. 1.500.000
|
4
|
Jarum
|
30 pcs
|
Rp. 2.000
|
Rp. 60.000
|
|
Jumlah
|
|
Rp. 35.000
|
Rp. 26.660.000
|
e. Bahan
pembuat pola hijab :
NO
|
NAMA BAHAN
|
JUMLAH
|
JUMLAH HARGA
|
1
|
Kertas kopi
|
2 PCS
|
Rp. 20.000
|
2
|
ATK
|
-
|
Rp. 50.000
|
3
|
Rader
|
1
|
Rp. 10.000
|
4
|
Kertas furing 4 M
|
2 Meter
|
Rp. 20.000
|
|
Jumlah
|
|
Rp. 100.000
|
f.
Biaya kemasan :
Plastic
400 buah / pack @Rp.400,00 Rp. 160.00
g. Jumlah
keseluruhan biaya atau modal yang di keluarkan :
NO
|
KETERANGAN
|
BIAYA
|
1
|
Biaya
administrasi
|
Rp. 520.000
|
2
|
Biaya
peralatan
|
Rp.
7.224.000
|
3
|
Biaya
produksi
|
Rp.
26.660.000
|
4
|
Biaya
pola
|
Rp. 100.000
|
5
|
Biaya
kemasan
|
Rp. 160.000
|
6
|
Biaya
tenaga kerja
|
Rp. 6.000.000
|
|
jumlah
|
Rp. 40.604.000
|
Sumber
dana :
modal pribadi Rp.
35.604.000
total modal Rp.
40.604.000
2.HARGA
JUAL
Harga jual di sesuaikan dengan model hijab, ukuran,
dan apabila konsumen ingin mendesign hijab sendiri, Ayuhijab akan melayani
keinginan konsumen dengan sangat profesional dan tentunya harga jual akan di
naikan untuk jasa mendisign Rp. 20.000,-.
Harga Jual perhari :
NO
|
JENIS
|
HARGA
|
SATUAN
|
TOTAL
|
1
|
Hijab dewasa
|
Rp.50.000/pcs
|
35/pcs
|
Rp. 1.750 .000
|
2
|
Hijab Anak
|
Rp.30.000/pcs
|
35/pcs
|
Rp. 1.050 .000
|
3
|
Hijab Lainnya
|
Rp.75.000/pcs
|
35/pcs
|
Rp. 2.625
.000
|
|
Total
|
|
|
Rp 5.425.000
|
G.
PERHITUNGAN LABA RUGI
Hijab dewasa 50.000
x 35pcs Rp. 1.750.000
Hijab anak 30.000 x
35pcs Rp. 1.050.000
Jumlah
harga jual Rp.
5. 425.000
Harga produksi :
Hijab dewasa 30.000
x 35pcs Rp.1.050.000
Hijab anak 20.000 x
35pcs Rp. 700.000
Laba perhari
Rp.
2.100.000
Perbulan : 30 x Rp.
2.100.000 Rp.6.300.000
Pendapatan :
Pendapatan selama
setahun Rp.75.600.000
Biaya-Biaya :
Biaya administrasi Rp. 520.000
Biaya peralatan Rp. 7.244.000
Biaya produksi Rp. 26.660.000
Biaya pola Rp. 100.000
Biaya kemasan Rp. 160.000
Laba usaha bersih Rp. 34.996.000 ( perbulan )
H.
ANALISA KEUNTUNGAN
berdasarkan
uraian di atas dapat di paparkan mengenai analisa keuntungan , yaitu :
Keuntungan kotor Rp. 75.600.000
Keuntungan bersih Rp. 34.996.000 / bulan
Jadi,
keuntungan pertahunnya yaitu :
Rp. 34.996.000 x 12
= 419. 952.000 ( BERSIH )
I .
KESIMPULAN
Ayuhijab merupakan suatu jenis jilbab yang dimodifikasi
dengan berbagai model yang modern dan syar’i serta dapat di sesuaikan dengan
selera konsumen secara langsung , memberikan jasa konsultasi dan design .
Produk kami ini memudahkan dan membantu kaum muslimah untuk mngeksplorasi
kreativitas fashion mereka. Sehingga dapat menarik minat para muslimah untuk
memakai jilbab. Proses pemasaran kami lakukan melalui secara face to face ,
pabrik produksi, toko toko dan berbagai media sosial . harga yang kami patok
sesuai dengan kualitas , karena target utama kami adalah kualitas .
Ayuhijab
J
terimakasih telah berbagi ilmu wirausaha fashion Kak, khususnya kerudung. menarik dan bermanfaat...
ReplyDeleteAplikasi Kasir Android Gratis