Friday, March 18, 2016

CONTOH PROPOSAL HIJAB


A . LATAR BELAKANG

Nama Perusahaan        : Ayuhijab
Bidang usaha               : Produk hijab
Jenis Produk               : Hijab modern syar’i
Alamat perusahaan      : Jl. Raya Labuan km. 03 Cidangiang, Pandeglang
Nomor telepon            :
E-mail                          : ayurrahayuu@gmail.com

Dimulai dari bisnis rumahan Ayuhijab kita tau bahwa Hijab adalah kebutuhan yang diperlukan oleh seorang muslimah sejati, bukan hanya untuk menutupi auratnya tetapi juga sebagai penenang hati dan pikiran yang memunculkan suatu keindahan dan keanggunan seorang wanita yang sholehah, dewasa ini kebudayaan berhijab semakin meluas terutama karena banyaknya tuntutan-tuntutan yang bersifat paksaan. misalnya, di sekolah-sekolah yang mewajibkan para siswi-nya berkerudung, adanya pelatihan soft skill khusus di dunia kampus yang membahas tentang kerohanian islam dan menganjurkan setiap muslimah untuk menutup auratnya. namun demikian, anjuran menutup aurat tersebut seringkali di abaikan karena banyak mahasiswi yang beranggapan bahwa hijab akan membatasi kreativitias fashion mereka .
Berhijab akan membuat wanita semakin cantik dan anggun, jadi anggapan tadi adalah salah. hijab akan terlihat lebih menarik dengan memodifikasi hijab yang di gunakan menjadi berbagai model dan dikreasikan dengan busana yang dikenakan .
 Oleh karena itu saya membuat proposal yang berjudul “Ayuhijab” untuk memenuhi kebutuhan para mulimah terhadap hijab yang modern tetapi tetap syar’i dan menjadikan jawaban bagi hijabers yang sudah bosan dengan model yang sudah ada, saya akan menciptakan banyak inovasi hijab sesuai dengan era modern ini, karena seorang hijabers tidak boleh ketinggalan zaman dengan trend masa kini yang sudah semakin bervariasi, Ayuhijab menjadikan seorang muslimah menjadi lebih cantik, sopan,  menarik dan sesuai dengan trend model masa kini.
Melihat banyak sekali hijabers yang bingung memilih hijab yang nyaman, pas di hati, tidak menimbulkan panas, ribet dan membatasi gerak, sehingga Ayuhijab dibuat dengan mengutamakan pada kualitas agar para pengguna Ayuhijab akan merasa nyaman, tidak panas dan sejuk. tidak hanya sejuk di rasakan oleh diri sendiri, tapi juga sejuk di lihat oleh orang lain.
Ayuhijab akan memberikan yang terbaik untuk seluruh wanita muslimah. oleh karena itu,  saya menawarkan produk yang sesuai dengan perkembangan zaman dan trend. keunikan dari Ayuhijab  ini adalah coraknya yang unik dan modern yang akan cocok di pakai oleh semua bentuk kepala, baik lonjong, bulat maupun panjang yang akan memunculkan aura ketenangan seorang wanita muslimah sejati serta memancarkan kesejukan dari dalam hati .
harapan saya adalah bisa sukses di masa yang akan datang oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca sangat saya syukuri, nikmati dan harapkan untuk kebaikan di masa yang akan datang.

B. VISI USAHA

Mendorong kaum hawa untuk berhijab dan Membangun perusahaan Ayuhijab yang maju, unggul, kreatif, inovatif, bermanfaat bagi masyarakat serta mengutamakan pada kualitas.

C. MISI USAHA

1.      Menjual produk yang cantik, menarik, modern, anggun, unik dan cocok bagi semua wanita,
2.      Memberikan produk dengan kualitas terbaik,
3.      Meningkatkan minat para muslimah untuk berhijab,
4.      Membuat model kreasi hijab dengan trend masa kini,
5.      Membuat model hijab terbaru sesuai dengan kebutuhan dan permintaan konsumen,
6.      Memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen
D.  ANALISA PELUANG USAHA

1.      SWOT ANALISIS
a.       Strength (Kekuatan)
Produk Ayuhijab dibuat dengan bentuk yang unik, terkesan elegan dan nyaman untuk di pakai, konsumen juga dapat mendesign sendiri sesuai karakter dan seleranya.
b.      Weaknesses (Kelemahan)
Usaha hijab sudah banyak di setiap wilayah dan sudah banyak yang popular, maka dari itu Ayuhijab akan melakukan promosi yang gencar agar masyarakat dapat mengenal Ayuhijab dan tertarik untuk membelinya.
c.       Opportunities (Peluang)
Pangsa pasar luas dan produk bukan bersifat umum, sehingga bisa bertahan dan dijalankan kapan saja.
d.      Threats (Ancaman)
Pesaing dapat bekerjasama dengan artis untuk mempromosikan produknya ke masyarakat luas.

2.      GAMBARAN UMUM PEMASARAN
a.       Segmentasi
Mencakup untuk semua segmen pasar dari masyarakat kalangan bawah sampai atas dari umur 12 tahun s/d 50 tahun.
b.      Target
Target pasar sasaran adalah anak sekolah SMP dan sederajat, SMA dan sederajat, Mahasiswi, perkerja, dan masyarakat secara keseluruhan.
c.       Keunggulan
Bahan atau kain perca di buat dengan kualitas yang sangat baik dan mengutamakan pada kenyamanan para konsumen dan memberikan ketenangan jiwa.
d.      Wilayah pemasaran
Usaha Ayuhijab akan didirikan di Jl. Raya Labuan km.03 cidangiang, pandeglang selain itu akan di pasarkan melalui online seperti : youtube, facebook, twitter, instagram, blog, line dan bbm, dan sosial media yang lainnya.
e.       Permintaan
a.       Jumlah permintaan terhadap produk sangat tergantung dari jumlah produksi produk dan tingkat penawaran produknya sendiri,
b.      Proyeksi Permintaan

NILAI
PERMINGGU
PERBULAN
Baik
100
400
Sedang
70
280
Buruk
40
160
jumlah
210
840
                       
                       
f.        Penawaran
a.       Jumlah produk sejenis di pasar
Bisnis hijab sudah marak sekali di pasaran, apalagi model hijab yang monoton, oleh karena itu Ayuhijab  menciptakan produk yang menarik sehingga konsumen akan melirik dan berminat untuk membelinya.
.
b.      Kapasitas produksi pesaing
Kapasitasnya sangat besar sekali, dengan model yang sudah terkenal dalam kalangan bawah maupun atas, seperti : elzatta, rabbani, kamidea, moshaict, mexialita, indihijab dan lain-lain. Sehingga produk ayuhijab harus berbeda dengan produk pesaing dan memiliki berbagai keunggulan yang sudah di jelaskan.
c.       Proyeksi penawaran pesaing
Untuk penawaran pesaing, misalnya di ambil contoh hijab rabbani, rabbani melakukan penawaran dengan memasarkan produknya secara online dan di sebar di tempat tempat yang mudah di kunjungi target pasarnya. namun, tidak melakukan penawaran dengan mengurangi harga dari produk meskipun sudah banyak pesaing rabbani yang menetapkan harga jual jauh di bawah harga jual rabbani.
d.      Pangsa pasar
Pangsa pasar Ayuhijab sangat luasdari kalangan masyarakat bawah hingga atas bisa menjadi target pasar, dengan pangsa pasar yang luas itu maka peluang bisnis juga akan terbuka lebar. target pasar adalah masyarakat yang memakai hijab, mahasiswi, anak sekolah, pekerja kantoran.


















E.  MARKETING MIX

Berikut ini uraian mengenai rencana strategi pemasaran pesaing yang terdiri dari marketing mix, yaitu 4P (Product, Price, Promotion, Place) :
1. Product (Produk)
Ayuhijab dipasarkan dan diberi label brand yaitu “Ayuhijab” per pcs agar terlihat eksklusif.
2.Price (Harga)
Hijab per pcs akan dijual dari harga Rp.30.000,00 s/d Rp.75.000 per pcs. adapun perhitungan lebih rinci mengenai penetapan harga jual terdapat di bagian Perhitungan modal dan harga jual.
3.Promotion ( Promosi )
o   Iklan ( advertising )
Media Cetak   :  Poster, famplet dan Spanduk,
Media Online  : Twitter, Facebook, Instagram, blog, line, bbm dan youtube.
o   Sales promotion
Promosi melalui acara atau pameran bazaar. Msalnya : pameran di sekitar kampus,  mall, sekolah, dll.
o   Personal selling
Promosi melalui penjualan langsung konsumen atau teman .
4.Place ( Tempat )
Penempatan penjualan hijab yaitu di toko yang beralamat di Jl. Raya Labuan km.03 cidangiang pandeglang. Untuk rencana penempatan penjualan akan di bagi kedalam beberapa point rencana, diantaranya :
o   Membuka kerjasama dengan masyarakat yang ingin menjadi agen reseller,
o   Membuka stand di pasaran dan sekolah,
o   Menjual dan mempromosikan melalui media social.



F. PERHITUNGAN MODAL DAN HARGA JUAL

1. PERHITUNGAN MODAL
A .Proses produksi
o   Membuat pola hijab
o   gosok terlebih dahulu bahan tersebut
o   potong bahan sesuai pola tersebut
o   bahan yang sudah di potong dan di gosok lalu di jahit dengan mesin jahit sesuai dengan design yang di buat .
berikut ini tabel rencana produksi pada bulan pertama :
Minggu
Rencana produksi dalam unit
1
170 meter bahan 100 pcs hijab
2
170 meter bahan 100 pcs hijab
3
170 meter bahan 100 pcs hijab
4
170 meter bahan 100 pcs hijab
Jumlah
680 meter bahan 400 pcs hijab








B .Rencana kebutuhan dan pembelian bahan
o   kebutuhan barang
bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan hijab adalah bahan atau kain, dan asesoris.
o   rencana pembelian barang
rencana pembelian barang akan dilakukan setelah semua perencanaan akan proses pembuatan hijab selesai.
o   rencana kebutuhan tenaga kerja langsung
untuk rencana kebutuhan tenaga kerja langsung di perlukan 8 tenaga kerja untuk membantu dalam proses pembuatan hijab. Untuk selanjutnya apabila permintaan produk meningkat akan ditambah tenaga kerja casual atau non-permanen untuk membantu .

kebutuhan perlengkapan dan peralatan :


Perlengkapan               :
1.      Meja
2.      Kursi
3.      Komputer
4.      ATK
5.      Kertas
6.      Benang
7.      Kapur biru
Peralatan         :
1.      Mesin jait
2.      Jarum
3.      Gunting
4.      Meteran
5.      Penggaris
6.      Rader
7.      Skala


o   Kebutuhan tempat
Dalam bisnis pembuatan hijab di perlukan 3 tempat untuk penempatan 3 proses, yaitu : Ruangan untuk pemotong pola bahan dan menggosok bahan, ruangan untuk menjahit dan ruangan untuk pengemasan barang dan penjualan .
o   Kebutuhan sarana
Kebutuhan sarana utama untuk pembuatan hijab adalah sarana listrik, air dan transportasi.
C .Biaya – Biaya

a.       Biaya administrasi
Biaya administrasi per tahun :
·         Biaya pajak                                                     Rp.      20.000,00
·         Biaya distribusi                                               Rp.    300.000,00
·         Biaya lain-lain                                                Rp. .  200.000,00
Jumlah                                                             Rp.    520.000,00
b.      Biaya tenaga kerja
6        orang pekerja @Rp. 1.000.000,00 per bulan  Rp. 6.000.000,00

c.       Biaya peralatan





NO
BARANG
BUAH
SATUAN
JUMLAH
1
Mesin jahit
2
Rp.1.000.000
Rp.  2.000.000
2
Gunting
3
Rp.       5.000
Rp.       15.000
3
Meteran
3
Rp.     20.000
Rp.       60.000
4
Penggaris
3
Rp.       5.000
Rp.       15.000
5
Rader
3
Rp.     10.000
Rp.       30.000
6
Kapur
3
Rp.       3.000
Rp.       9.000
7
Skala
3
Rp.       5.000
Rp.       15.000
8
Gosokan
2
Rp.     50.000
Rp.     100.000
9
Komputer
1
Rp.5.000.000
Rp.  5.000.000

Jumlah


Rp.7.244.000

d.      Jumlah produksi 300 pcs perbulan :

NO

NAMA BAHAN

UNIT

PER PCS

TOTAL BIAYA
1
Bahan / kain
1.000 meter
Rp.     25.000
Rp.    25.000.000
2
Karet
20pcs
Rp.       5.000
Rp.         100.000
3
Benang
500 buah
Rp.       3.000
Rp.      1.500.000
4
Jarum
30 pcs
Rp.       2.000
Rp.          60.000

Jumlah

Rp.    35.000
Rp.    26.660.000


e.       Bahan pembuat pola hijab :
NO
NAMA BAHAN
JUMLAH
JUMLAH HARGA
1
Kertas kopi
2 PCS
Rp.          20.000
2
ATK
-
Rp.          50.000
3
Rader
1
Rp.          10.000
4
Kertas furing 4 M
2 Meter
Rp.          20.000

Jumlah

Rp.        100.000

f.        Biaya kemasan :
Plastic 400 buah / pack @Rp.400,00                   Rp. 160.00

g.      Jumlah keseluruhan biaya atau modal yang di keluarkan :

NO
KETERANGAN
BIAYA
1
Biaya administrasi
Rp.         520.000
2
Biaya peralatan
Rp.      7.224.000
3
Biaya produksi
Rp.    26.660.000
4
Biaya pola
Rp.         100.000
5
Biaya kemasan
Rp.         160.000
6
Biaya tenaga kerja
Rp.     6.000.000

jumlah
 Rp.   40.604.000








Sumber dana :
modal pribadi                                      Rp. 35.604.000
modal sumbangan orang tua               Rp.   5.000.000
total modal                                                                  Rp.  40.604.000
2.HARGA JUAL
Harga jual di sesuaikan dengan model hijab, ukuran, dan apabila konsumen ingin mendesign hijab sendiri, Ayuhijab akan melayani keinginan konsumen dengan sangat profesional dan tentunya harga jual akan di naikan untuk jasa mendisign Rp. 20.000,-.
Harga Jual perhari :
NO
JENIS
HARGA
SATUAN
TOTAL
1
Hijab dewasa
Rp.50.000/pcs
35/pcs
Rp. 1.750 .000
2
Hijab Anak
Rp.30.000/pcs
35/pcs
Rp. 1.050 .000
3
Hijab Lainnya
Rp.75.000/pcs
35/pcs
Rp.  2.625 .000

Total


Rp   5.425.000










G. PERHITUNGAN LABA RUGI
Hijab dewasa 50.000 x 35pcs             Rp. 1.750.000
Hijab anak 30.000 x 35pcs                 Rp. 1.050.000
Hijab lainnya 75.000 x 35pcs             Rp. 2.625.000
Jumlah harga jual                                                                    Rp. 5. 425.000
Harga produksi :
Hijab dewasa 30.000 x 35pcs             Rp.1.050.000
Hijab anak 20.000 x 35pcs                 Rp.   700.000
Hijab lainnya 45.000 x 35pcs             Rp.1.575.000
Jumlah                                                                                                 (Rp.3.325.000)
                                  Laba perhari                                                      Rp.  2.100.000
Perbulan : 30 x Rp. 2.100.000            Rp.6.300.000
Pendapatan :
Pendapatan selama setahun                                        Rp.75.600.000
Biaya-Biaya :
Biaya administrasi                   Rp.      520.000
Biaya peralatan                       Rp.   7.244.000
Biaya produksi                        Rp. 26.660.000
Biaya pola                               Rp.      100.000
Biaya kemasan                        Rp.      160.000
Biaya tenaga kerja                   Rp.   6.000.000
Jumlah biaya biaya                                                     (Rp.  40.604.000)
Laba usaha bersih                                                                   Rp.  34.996.000 ( perbulan )
H. ANALISA KEUNTUNGAN
            berdasarkan uraian di atas dapat di paparkan mengenai analisa keuntungan , yaitu :
Keuntungan kotor                   Rp.  75.600.000
Beban beban                           (Rp. 40.604.000)
Keuntungan bersih                  Rp. 34.996.000 / bulan
Jadi, keuntungan pertahunnya yaitu :
Rp. 34.996.000 x 12 =  419. 952.000 ( BERSIH )











I . KESIMPULAN
Ayuhijab merupakan suatu jenis jilbab yang dimodifikasi dengan berbagai model yang modern dan syar’i serta dapat di sesuaikan dengan selera konsumen secara langsung , memberikan jasa konsultasi dan design . Produk kami ini memudahkan dan membantu kaum muslimah untuk mngeksplorasi kreativitas fashion mereka. Sehingga dapat menarik minat para muslimah untuk memakai jilbab. Proses pemasaran kami lakukan melalui secara face to face , pabrik produksi, toko toko dan berbagai media sosial . harga yang kami patok sesuai dengan kualitas , karena target utama kami adalah kualitas .












Ayuhijab J

1 comment:

  1. terimakasih telah berbagi ilmu wirausaha fashion Kak, khususnya kerudung. menarik dan bermanfaat...
    Aplikasi Kasir Android Gratis

    ReplyDelete

INTRODUCTION MY BUSSINES "HIJMA BY AYU"

Hijma adalah singkatan dari Hijab dan Makeup, sedangkan ayu adalah nama pemiliknya. Banyak teman atau saudara merekomendasikan saya ...