Friday, March 18, 2016

Naskah drama rapunzel (tangled)

Dimulai dari matahari, suatu hari seberkas cahaya matahari jatuh dari surga, dan dari seberkas kecil itu, tumbuhlah bunga emas nan ajaib, bunga itu mampu menyembuhkan orang sakit dan terluka . abad berhenti, waktu berlalu setelah kapal berlabuh, dibangunlah sebuah kerajaan, (Peran Ratu sedang sakit) kerajaan yang dikuasai oleh Raja dan Ratu yang dicintai rakyatnya  dan ratu akan segera melahirkan, tapi dia sedang sakit, sakit keras, dia tidak punya waktu banyak, dan saat itulah rakyat mencari sebuah keajaiban atau dalam kisah ini, sekuntum bunga emas ajaib. (Peran Mother Gothel Menyanyikan Mantra, dan Prajurit datang) .
(Peran Ratu meminum obat) dengan kekuatan bunga ajaib itu, Ratu Pulih. Bayi peremuan sehat, seorang putri lahir, dengan rambut pirangnya yang indah yang bernama Rapunzel. Untuk merayakan kelahirannya, raja dan ratu menerbangkan lentera ke langit. Dan untuk sesaat semuanya begitu sempurna. Namun, saat-saat itu berakhir (Mother Gothel menyanyikan Mantra kpd Rapunzel yang sedang tertidur) Mother Gothel memotong rambut Rapunzel dan berubah menjadi tua, dan mengambil rapunzel dari istana.
 (akting mother gothel sedang menyisir rambut rapunzel sambil mengucapkan mantra)
Rapunzel : Kenapa aku tidak boleh keluar bu?
Ibu : dunia luar adalah tempat berbahaya. Penuh dengan orang jahat dan egois, kau harus tetap disini, tempat yang aman, kau mengerti, bungaku ?
Rapunzel : Iya Bu
Tapi, dinding menara itu tak bisa sembunyikan semuanya, di setiap perayaan hari kelahirannya, Raja dan Ratu menerbangkan ribuan lentera. Berharap suatu hari, putri mereka yang hilang akan kembali.
Beberapa tahun kemudian...
Rapunzel dan Pascal bermain petak umpet.
Rapunzel : Kurasa Pascal tak bersembunyi disini, dapat kau !! 22 kali aku menang.. bagaimana kalau 23 dari 45 ? baiklah, kau ingin lakukan apa? (pascal menunjuk ke bawah) Ya, kurasa tidak, aku suka disini, begitu juga kau, ayolah pascal tidak begitu buruk berada disini.
(Rapunzel bernyanyi)
Ryder dan 2 Brothers pergi ke istana untuk mencuri mahkota.
Rayder : woow, aku menikmati pemandangan ini,
2 Brothers : Ryder ayo
Rayder : Sebentar ... ya, aku sudah puas. Teman teman, aku ingin punya istana,
2 brothers :  jika kita lakukan tugas ini, kau bisa beli istana mu sendiri.
Akhirnya ryder masuk ke dalam istana menggunakan tali yang di angkat oleh 2 Brothers.
Ryder dan kawan kawan berhasil mengambil mahkota dan pergi meninggalkan istana, para prajurit istanapun mencari mereka.
Rapunzel : ini dia, ini hari yang sangat penting pascal, akhirnya aku akan melakukannya. Akan ku minta pada ibu.
Mother Gothel : Rapunzel, turunkan rambutmu,
Rapunzel : ini saatnya.
Mother Gothel : Rapunzel, aku tidak akan bertambah muda disini..
Rapunzel : aku datang ibuu..
Rapunzel menurunkan rambutnya dan sang ibu naik.
Rapunzel : haii, selamat datang ibu,
Mother Gothel : Rapunzel, bagaimana bisa engkau melakukannya setiap hari dengan pasti, kelihatannya itu sangat melelahkan sayang.
Rapunzel : oh, ini bukan apa apa
Mother Gothel : lalu, aku tahu kenapa kau begitu lama sekali, , ohh  sayang, ibu hanya menggodamu.
Rapunzel : Baiklah ibu, seperti yang ibu tahu besok adalah hari penting untukku..
(mother gothel mengaca)
Mother Gothel :Rapunzel, lihatlah ceermin itu, kau tahu apa yang kulihat ? aku melihat wanita muda yang kuat, percaya diri dan cantik, lihatlah, kau juga ada disana.  Hahaha.. aku cuman bercanda, berhentilah menanggapinya dengan serius.
Rapunzel : baik ibu, seperti yang ku bilang, besoook..
Mother Gothel : Rapunzel, ibu sedikit lelah.. maukah kau menyanyi untukku ? setelah itu kita bicara,
Rapunzel : tentu saja bu
Rapunzel mempersiapkan segalanya dan mulai bernyanyi.
Mother Gothel : Rapunzel !!
Rapunzel : Ibu! Tadi aku bilang besok hari penting dan ibu tidak menanggapinya, jadi akan ku katakan saja, besok hari ulang tahunku..
Mother Gothel : Tidak , tidak mungkin, aku jelas ingat, hari ulang tahun mu tahun kemarin.
Rapunzel  : Lucunya mengenai ulang tahun,  dirayakan setiap tahun. Ibuu.. umurku menjadi 18 tahun, dan aku ingin meminta, apa yang sangat aku inginkan di hari ulang tahunku, sebenarnya yang aku inginkan..
Mother Gothel : Rapunzel, kumohon, berhentilah bergumam. Kau tahu, aku tidak suka kau bergumam. Bla bla bla.. itu sungguh mengganggu.. aku cuman bercanda, kau sungguh manis, aku sangat menyayangimu sayang,
Rapunzel : aku ingin melihat cahaya terbang.
Mother Gothel : Apa ?
Rapunzel : aku berharap ibu menemaniku melihat cahaya terbang itu,
Mother Gothel : Oh maksudmu bintang..
Rapunzel : Masalahnya, aku sudah memetakan bintang dan ternyata bintang itu tidak bergerak, tapi ini, selalu muncul, setiap tahun di hari ulang tahunku, bu. Hanya di hari ulang tahunku. Dan aku yakin, kalau cahaya itu, ditunjukkan untukku. Aku ingin melihatnya bu, tak hany lewat jendela, secara langsung, aku harus tahu apa itu,
Mother Gothel : kau ingin keluar ? kenapa rapunzel ? (mother Gothel menutup jendela) lihat dirimu rapunzel, serapuh bunga, masih terlalu muda, masih remaja, kau tahu kenapa kita tinggal dimenara? (bernyanyi)
Rapunzel : aku tahu..
Mother gothel : benar, agar kau aman sayang, sudah kuduga, hari ini akan datang, tahu kau akan segera tinggalkan rumah, segera, tapi belum saatnya (bernyanyi)
Rpaunzel : tapi
Mother Gothel : ssssttt... percayalah ibu tahu yang terbaik, sungguh mengerikan dunia diluar sana, ibu tahu yang terbaik, bagaimana pun juga akan ada bahaya, para bajingan, para penjahat kejam, tumbuhan beracun, pasir hisap, kanibal, ular, wabah,
Rapunzel : tidak
Mother Gothel : ya, juga ada hama besar, manusia dengan gigi runcing, dan berhentilah, jangan meminta lagi, kau akan membuat ku marah, ibu disini akan melindungimu, sayang, ini yang ibu sarankan.. jangan mendramatisir, tinggallah bersama mama, ibu tahu yang terbaik, dengarkan ibu, jika kau sendiri, kau takkan selamat, berpakaian tak rapi, belum dewasa dan canggung... Rapunzel ?
Rapunzel : ya, mama
Mother gothel : jangan pernah meminta untuk, meninggalkan menara ini lagi,
Rapunzel : huuh, ya bu..
Mother Gothel : Ibu menyayangimu nak,
Rapunzel, aku lebih menyayangimu bu,
Mother Gothel : jangan lupakan itu, kau akan menyesalinya ,ibu tahu yang terbaik, sampai jumpa lagi sayang.
Rapunzel : Aku akan disini,
Di sisi lain, ryder dan 2 brothers sedang berlari untuk menghidar dari para pasukan istana.
Ryder : tidak tidak, ini sangat buruk, sangaaat buruk, mereka bahka salah menggambar hidungku,
2 brothers : siapa peduli ?
Ryder : mudah bagimu mengatakannya, kalian terlihat keren.
Pasukan istana pun datang.. ryder dan kawan kawan terjebak dalam suatu dinding tanah..
Ryder : baiklah, dorong aku ke atas, dan aku akan menarik kalian,
2 brothers : berikan tasnya dulu
Ryder : apa ? aku Cuma, aku tak percaya, stelah yang kita lewati bersama, kau tak percaya padaku ?
Akhirnya ryder naik ke atas,
2 brothers : sekarang bawa kami naik, tampan,
Ryder : Maaf, tangan ku penuh,
2 brothers : apa? Rydeeeeerrrr!!!!
Akhirnya ryder melarikan diri, dan menemukan sebuah kuil tinggi dan dia mengahmpiri dan maniki kuil tersebut.
Ryder : sendiri juga akhirnya..
Tiba tiba di belakang ada yang memukul ryder dengan panci penggorengan yaitu Rapunzel.
Rapunzel ketakutan dan penasaran, siapakan sosokyang baru dikenalnya tersebut.. dia melihat ke muka ryder dan tiba tiba ryder terbangun dan sepontan Rapunzel memukulnya kembali karena kaget. Dan akhirnya Rapunzel menyeretnya dan menyimpannya di dalam lemari dengan penuh perjuangan.
Rapunzel menemukan sesuatu didalam tas laki laki itu, ketika rapunzel membukanya dan bingung menggunakannya, lalu Rapunzel memakainya di atas kepala. Tak lama kemudaian Mother Gothel datang..
Mother Gothel : Rapunzell !! turunkan rambut mu
Rapunzel : ya.. sebentar bu, aku punya kejutan besar untuk mu bu.
Mother Gothel : aku juga.. kurasa kejutanku lebih besar
Rapunzel :, aku sangat meragukannya
Mother Gothel : aku bawakan Parsnip, akan ku buatkan sop hezolnut untuk makan malam kesukaanmu.. kejutan!!
Rapunzel : Ibu ada yang ingin aku katakan kepadamu,
Mother Gothel : Rapunzel,  aku tahu aku  benci meninggalkanmu setelah kita bertengkar, apalagi saat aku tidak melakukan hal yang salah.
Rapunzel : Baiklah, aku terus memikirkan apa yang ibu katakan sebelumnya,
Mother Gothel : Kuharapa kau tak bicarakan soal bintang itu,
Rapunzel : Cahaya terbang, dan ya !! aku bermaksud mengatakan itu,
Mother Gothel : karena ku pikir kita sudah tak bahas masalah itu sayang,
Rapunzel : tidak ibu, aku cuman mau bilang, ibu pikir aku tak cukup kuat untuk menjaga diriku disana ?
Mother Gothel : oh sayang, aku tahu kau tak cukup kuat untuk menjaga dirimu diluar sana,
Rapunzel : tapi jika ibu..
Mother Gothel : Rapunzel, kita sudah bicarakan ini.
Rapunzel : Percayalah
Mother Gothel : Rapunzel !! aku tahu apan yang..\
Rapunzel : ayolah
Mother Gothel : Cukup dengan cahaya itu rapunzel !!! kau tak boleh meninggalkan menara ini selamanyaa, selamanya!!... oh bagus, sekarang aku seperti orang jahat.
Rapunzel : yang ingin ku katakan ibu adalah, sekarang aku tahu apa yang aku inginkan dihari ulang tahunku,
Mother Gothel : dan apa itu ?
Rapunzel : cat baru, cat yang dibuat dari kerang putih yang pernah ibu bawakan untukku..
Mother Gothel : itu perjalanan yang panjang Rapunzel, perjalanan hampir 3 hari.
Rapunzel : Kukira itu ide yang lebih baik daripada bintang bintang itu.
Mother Gothel : kau yakin tidak apa apa sendiri?
Rapunzel : aku akan aman, selama aku disini
Mother Gothel : ibu akan kembali 3 hari lagi, ibu menyayangimu nak..
Rapunzel : aku lebih menyayangimu bu..
Akhirnya mother gothel meninggalkan kuil. Dan pergi untuk mencari cat air.
Setelah Mother Gothel meninggalkan Kuil, Rapunzel menarik Ryder yang dalam keadaan Pingsan. Dan Langsung mengintrogasinya.. Ryder di bangunkan oleh pascal menggunakan lidah pascal yang di masukan ke dalam telinga Ryder.
Ryder Kaget dan akhirnya terbangun..
Ryder : Apa Ini Rambut ?
Rapunzel keluar dan Ryder terpesona dengannya..
Rapunzel : Siapa kau dan bagaimana kau bisa menemukanku? Siapa kau dan bagaimana kau bisa menemukanku?
Ryder : Ekhmm.. aku tidak tahu siapa kau, begitu juga bagaimana aku bisa menemukanmu, tapi izinkan aku berkata “Hai namaku Fyn Ryder”
Rapunzel : Siapa lagi yang tahu tentang tempatku ryder ?
Ryder : Tunggu Rambut pirang..
Rapunzel : Rapunzel !!
Ryder : Dimana tas ku?
Rapunzel : Telah ku sembunyikan .
Ryder : Apaaa??
Rapunzel : Akan ku kembalikan tas mu, jika kau mau mengantarkan ku melihat bintang seperti ini !
Ryder : Lentera?
Rapunzel : ya lentera, aku yakin sekali itu bukan bintang.
Ryder : Tapi aku tidak bisa mengantarkanmu, karena istana dan aku sedddaannngg...
Rapunzel : kau harus mengantarkan ku, jika tidak, tas mu tidak akan kembali.
Ryder : ya ampun, baik lah baiklah, sekarang lepaskan aku dulu
Rapunzel : Oke kita sepakat..
Akhirnya Ryder dan Rapunzel turun ke bawah kuil, Rapunzel merasa ragu ddan takut keluar..
Rapunzel bernyanyi..
Kuda istana sedang mencari cari jejak ryder, penciumannya tiba tiba menguat, dan ternyata itu adalah Mother Gothel.
Mother Gothel : Oh, kuda istana, mengagetkanku saja. Kuda istana ? Rapunzel ? Rapunzel !!
Mothel Gothel lari kembali ke kuil. Setelah datang ke kuil .
Mother Gothel : Rapunzel ! Turunkan rambutmu, rapunzel !!
Mother Gothel mencari Rapunzel kemana mana, tidak ketemu. Akhirnya Mother gothel mencarinya di Hutan. Mother Gothel bertemu dengan 2 Brothers..
2 Brothers : aku akan membunuhnya, aku akan membunuh si ryder itu.
Mother Gothel : Kalian!! (menunjukkan tas Ryder)
2 Brothers menyiapkan Pedang
Mother Gothel : Tak perlu melakukan itu,
Mother Gothel memberikan tas itu kepada 2 Brothers
Mother Gothel : Jika kalian inginkan itu, maka itu akan menjadi milik kalian. Aku akan menawarkan sesuatu yang lebih berharga dari 1000 mahkota, dan itu akan membuat kalian kaya raya. Nikmati mahkotamu..
2 Brothers : Apa bagian terbaiknya?
Mother Gothel : Kalian bisa balas dendam terhadap Fyn Ryder.
2 Brothers menyetujuinya. Disisi lain, ada Rapunzel dan Ryder yang sedang menghangatkan badan karena kedinginan. Tangan Ryder terluka dan Rapunzel menyembuhkannya dengan rambut ajaibnya, sambil mengucapkan mantra.Ryder kaget..
Rapunzel : Tolong jangan kaget !!
Ryder : Aku tidak takut, apa kau takut? Tidak, aku sangat tertarik dengan rambutmu, dan keajaiban yang dimilikinya, sudah berapa lama bisa begitu?
Rapunzel : Seumur Hidupku.
Ryder meninggalkan Rapunzel..
Mother Gothel : Ku kira dia takkan pernah pergi !
Rapunzel : Ibu !!
Mother Gothel : Hallo sayang..
Rapunzel : Bagaimana ibu bisa menemukan kami ?
Mother Gothel : Oh itu sangat mudah, aku hanya mendengar berita tentang pengkhianatan dan pengikutnya
Rapunzel : Ibu
Mother Gothel : Ayo kita pulang Rapunzel, sekarang
Rapunzel : Ibu tak mengerti, aku telah melewati perjalanan yang sangat menyenangkan dan aku melihat dan belajara banyak hal. Aku bahkan bertemu seseorang
Mother Gothel : ya, pencuri yang diburu, aku bangga padamu,
Rapunzel : Ibu tunggu, kurasa dia menyukaiku,
Mothel Gothel : ayolah rapunzel, itu gila..
Rapunzel : Tapi bu,
Mother Gothel :  Karena inilah seharusnya kau tidak pernah pergi, hal romantis yang kau temukan ini, membuktikan kalau kau terlalu naif untuk ada disini, jangan bodoh, pulanglah bersama ibu
Rapunzel : Tidak !
Mother Gothel : tidak? Aku mengerti. (bernyanyi)
Akhirnya Rapunzel dan Ryder menaiki sebuah sampan, setelah berada ditengah tengah danau, mereka berhenti.
Ryder : Kau baik baik saja?
Rapunzel : Aku jadi takut sendiri,
Ryder : Why ?
Rapunzel : Selama 18 Tahun ini aku melihat ke jendela, memimpikan bagaimana rasanya saat cahaya itu bersinar dilangit. Bagaimana kalau semuanya itu tidak sesuai dengan yang aku harapkan.
Ryder : Pasti sama.
Tidak lama kemudian, raja dan ratu melepaskan lampion. Semuanya berubah menjadi menyala, seoerti bintang. Ketika rapunzel sedang menunggu lampion itu menyala.. tiba tiba..
Rapunzel bernyanyi. Ryder menangkap 2 lampion dan memberinya kepada Rapunzel.
Rapunzel : Aku juga punya sesuatu untukmu, harusnya aku berikan ini padamu sebelumnya, tapi aku takut, dan sekarang aku tak takut lagi. Kau mengerti maksudku ?
Ryder : Aku mengerti,
(Ryder dan Rapunzel bernyanyi) setelah melihat lampion, ryder dan rapunzel menuju ke tepian untuk pulang.
Ryder : Maaf semuanya baik baik saja, ada sesuatu yang harus ku bereskan dulu.
Rapunzel : Baiklah
Ryder : Aku segera kembali.
Akhirnya ryder meninggalkan Rapunzel dan pergi menghampiri 2 Brothers.
Ryder : disini rupanya , aku mencari kalian kemana mana, sejak kita berpisah. Heeyy.. cambangmu keliatan bagus. Kau pasti senang dengan itu. Mahkota ini menjadi milik kalian,
2 Brothers : Mau lari dari kami lagi Ryder ?
Ryder : Apa ?
2 Brothers : aku dengar, kau menemukan sesuatu. Sesuatu yang lebih berharga dari mahkota itu, kami juga menginginkannya.
Sementara Rapunzel sedang menunggu kedatangan Ryder,ternyata yang mucul adalah
Rapunzel : Aku mulai berpikir kalau kau kabur, dengan membawa mahkota itu dan meninggalkan aku..
2 Brothers : dia memang kabur..
Rapunzel : Apa ? Tidak mungkin, dia takkan berlari.
2 Brothers : lihat saja
Rapunzel : Ryder !! Ryder !!
2 Brothers : pertukaran yang luarbiasa, mahkota dengan seorang gadis yang memiliki Rambut ajaib
2 Brothers : Menurutmu, berapa harga yang akan kita bayar seseorang untuk tetap muda dan sehat selamanya..
Rapunzel : tidak, kumohon.
2 Brothers : jangan!!
Rapunzel berlari dan rambutnya tersangkut
Mother Gothel : Rapunzel !!
Rapunzel : hah ? ibu ?
Rapunzel berlari mencari ibunya.
Mother Gothel : ohh.. putriku tersayang..
Rapunzel : Ibu ?
Mother Gothel : kau baik saja ? apa kau terluka? Ibu sangat mencemaskanmu nak.. jadi ibu mengikuti mu nak, ibu melihat mereka menyerangmu. Ayo kita pergi rapunzel
Rapunzel melihat dan mencari cari ryder, dia menangis. Dan dia memeluk ibunya
- Disisi lain, Ryder di tangkap oleh Prajurit istana, dan dibawa ke istana. Dia dipenjara.
- Rapunzel menangis di kamarnya, dan menggenggam bendera yang bergambar matahari, rapunzel mengangkat bendera itu ke atas dan dia sadar bahwa gambar yang ada di dinding kamarnya banyak sekali matahari, tiba tiba mahari tersebut seperti bersinar, dan Rapunzel di sadarkan bahwa dia sebenarnya adalah anak Raja dan Ratu.
Mother Gothel : Rapuzel !! apa yang terjadi di atas sana, kau baik baik saja ?
Rapunzel : aku adalah putri yang hilang
Mother Gothel : jangan bergumam Rapunzel
Rapunzel : akulah putri yang hilang, bukan ? apa aku bergumam ibu? Atau pantaskah aku memanggil kau ibu?
Mother Gothel : oh rapunzel, apa kau dengar dirimu, mengapa kau pertanyakan pertanyaan yang menggelikan itu?
Rapunzel : ternyata kau, ternyata kau dalangnya..
Mother Gothel : semua yang kulakukan untuk melindungi dirimu
Rapunzel mendorong Mother Gothel.
Mother Gothel : Rapunzel, aku menghabiskan seluruh hidupku
Rapunzel : bersembunyi dari orang dan mencoba menggunakan kekuatanku
Mother Gothel : Rapunzel !!
Rapunzel ; dan aku harus selalu sembunyi darimu
Mother Gothel: Kau mau kemana? Penjahat itu akan dihukum mati oleh prajurit istana.
Rapunzel : tidak !!
Mother Gothel : sekarang tenanglah
Rapunzel : tidak !! kau salah tentang dunia, dan kau salah tentangku. Dan aku tidak akan pernah membiarkanmu memanfaatkan rambutku lagi.
Mother Gothel : kau ingin aku menjadi orang jahat ? baik, sekarang aku orang jahat.
Sementara itu ryder berusaha untuk kabur dari istana, dan dia berhasil. Dibantu dengan teman teman penjara dan kuda istana. Ryder pergi menuju kuil Rapunzel.
Ryder : Rapunzel ! Turunkan Rambutmu, Rapunzel, kupikir kau takkan pernah bertemu mu lagi.
Tiba tiba di belakang, Mother Gothel menusuk Perut Ryder dengan pisau.
Mother Gothel : Sekarang kau lihat apa yang telah kau perbuat Rapunzel. Ohh jangan takut sayang, rahasia kita akan mati bersamanya. Dan bagaimana dengan kita ? kita akan pergi ke tempat yang tak seorangpun bisa menemukan kita. Rapunzel sungguh !! cukuplah sudah !! berhentilah melawanku.
Rapunzel : tidak , aku tidak akan berhenti, untuk setiap menit selama hidupku, aku akan melawan, aku takkan berhenti menjauh darimu, tapi jika kau biarkan aku menyelamatkannya, aku akan ikut denganmu.
Ryder : tidak, tidak rapunzel!!
Rapunzel : aku takkan pernah berlari, aku takkan pernah mencoba melarikan diri, biarkan aku mengobatinya, kau dan aku tetap bersama. Selamanya, seperti yang kau mau. Semua akan tetap seperti itu. Aku janji.
Akhirnya Mother Gothel setuju
Rapunzel : Kau akan baik baik saja ryder
Ryder : tidak tidak Rapunzel
Rapunzel : percayalah padaku,
Ryder : jika kau menyelamatkanku, kau akan mati Rapunzel .
Rapunzel : aku tak akan biarkan kau mati Ryder.
Rapunzel dan ryder mengeluarkan airmata, dan berpelukan, ditangan ryder ada pisau, dan ryder memotong rambut rapunzel. Semuanya kaget, dan tiba tiba Mother Gothel berubah menjadi tua
Mother Gothel : Apa yang sudah kau lakukan? Tidak tidak tdak !!! tiiidddaakkkkk !
Mother Gothel jatuh dari menara.
Rapunzel : tidak tidak !! lihat aku ryder , lihat aku !! aku disini, jangan pergii
Ryder : Rapunzel
Rapunzel : apa ? kau adalah mimpi baruku
Ryder : dan kau juga mimpi baruku
(ryder tak sadar dan Rapunzel bernyanyi, air matanya jatuh di pipi Ryder, dan menjadi ajaib, Ryder sadar)
Ryder : Rapunzel ? apa aku pernah bilang, akan ku lakukan apapun untuk si rambut coklat ?
-Rapunzel bahagia sekali, disisi lain di istana, Raja dan ratu kaget atas laporan prajuritnya. Dan langsung berlari ke luar dan bertemu dengan Rapunzel dan Ryder mereka berpelukan , dan rakyat merayakannya.











3 comments:

  1. kalo untuk peran pentingnya sedikit .
    Rapunzel 1
    Mother Gothel 1
    Rider 1
    Kuda Istana 1
    Two Brothers 2
    Raja dan Ratu 2
    Pasukan Istana 5 Juga cukup buat di pentasin
    jadi, jumlahnya 13 Orang .

    ReplyDelete
  2. Kisah film menggunakan narasi teknik, penanganan dialog, dan mengendalikan narasi.

    ReplyDelete

INTRODUCTION MY BUSSINES "HIJMA BY AYU"

Hijma adalah singkatan dari Hijab dan Makeup, sedangkan ayu adalah nama pemiliknya. Banyak teman atau saudara merekomendasikan saya ...