Pemasaran (bahasa Inggris: marketing)
adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan,
mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi
pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. Menurut Kotler
(2001) mengemukakan definisi
pemasaran berarti bekerja dengan pasar sasaran
untuk mewujudkan pertukaran yang potensial dengan maksud memuaskan kebutuhan
dan keinginan manusia.
Proses
dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep
pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price),
pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang
bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki
pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat
tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen
yang dituju.
Pengembangan
adalah suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual,
dan moral untuk mencapai target usaha. Pengembangan pemasaran adalah strategi dan
rencana pemasaran yang mendalam dan kreatif yang dapat memandu kegiatan
pemasaran. Pengembangan strategi pemasaran yang benar sepanjang waktu
memerlukan bauran disiplin dan fleksibilitas. Perusahaan harus tetap berpegang
pada strategi, tetapi juga menemukan cara baru untuk terus mengembangkannya.
Pemasaran juga harus selalu meningkatkan strategi untuk sejumlah produk dan
jasa di dalam organisasinya.
Yang dimaksud
rencana pemasaran adalah pernyataan tertulis dari strategi pemasaran
dan bagian-bagian yang berhubungan secara waktu untuk membuat strategi.
Bagian-bagian itu adalah:
1. paduan
pemasaran apa yang akan ditawarkan, kepada siapa (pasar target) dan berapa
lama.
2.
sumber daya apa yang ada dalam perusahaan (biaya) yang akan diperlukan.
3.
hasil apa yang diharapkan (penjualan dan laba yang mungkin dalam setiap bulan
atau setiap empat bulan, tingkat kepuasan
konsumen dan kesukaan.
No comments:
Post a Comment