Mata
Kuliah : Bussines English
Kode Mata Kuliah :
Bobot :
Semester :
PERTEMUAN 1
Tujuan :
Mahasiswa mampu memahami
kegiatan yang dilakukan perusahaan, memperkenalkan diri, bisnisnya dan orang
lain.
Pokok Bahasan : Socializing (greetings and giving personal information, Introducing
yourself, your bussines and make a formal later )
Kegiatan Belajar Mengajar :
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Menjelaskan tujuan mata kuliah
·
Mengaitkan materi dengan program studi
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan
cara memperkenalkan diri, rencana bisnisnya dan orang lain.
·
Menjelaskan
contoh-contoh surat resmi
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81–
90
|
·
Memberikan tugas membuat salah satu surat resmi kepada mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas penampilan mahasiswa
|
·
Mempraktekkan materi ajar
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Tugas
kelompok/mandiri, Menyiapkan tugas untuk pertemuan
berikutnya yaitu memperkenalkan diri, memperkenalkan rencana bisnis dan partner
kerjanya.
PERTEMUAN 2
Tujuan : Mahasiswa mampu menjelaskan suatu pekerjaan dan menggambarkan tentang
rekan kerjanya; menjelaskan tentang pekerjaan tersebut, menyebutkan nomor
telepon dan mengeja nama; serta mengangkat dan menerima panggilan telepon.
Pokok Bahasan Making and
receiving telephone calls
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan tujuan mata kuliah
|
· Mencatat, Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan tata cara melakukan dan menerima panggilan telepon dalam
bahasa Inggris
·
Menjelaskan cara mengeja nomor telepon dan nama
|
· Mencatat, Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81–
90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengeja
nama dan nomor telepon masing-masing
|
· Mempraktekkan materi ajar
|
Papan tulis, Infocus
|
Tugas
kelompok/mandiri: Mempraktekkan cara menelepon dan mengangkatnya dalam
bahasa Inggris secara berpasangan.
PERTEMUAN
3
Tujuan : Mahasiswa mampu menjelaskan struktur
organisasi perusahaan, mengajukan pertanyaan dalam berkomunikasi, menyambut
pengunjung, dan menampilkan informasi secara visual.
Pokok Bahasan Presenting Visual Information
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan tujuan mata kuliah
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis
|
Penyaian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan aturan dalam membuat pertanyaan dalam bahasa Inggris
·
Menjelaskan struktur sebuah perusahaan
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81–
90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Tugas
mandiri dan kelompok : Menampilkan susunan suatu perusahaan secara kelompok
(4-5 orang)
PERTEMUAN
4
Tujuan : Mahasiswa mampu menjelaskan tentang berbagai produk baru dan tingkatan pengembangannya,
menjelaskan tentang pengembangan produk, dan membuat laporan.
Pokok Bahasan Meeting Giving a report
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan tujuan dari
pokok bahasan mengenai peluncuran sebuah produk baru
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan
cara membuat suatu laporan
kegiatan yang telah terselenggara
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81–
90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Tugas
kelompok : Membuat laporan
suatu event secara berkelompok (3-4 orang)
PERTEMUAN
5
Tujuan : Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat dan tata
cara suatu pekerjaan, menceritakan pengalaman pribadi, mendelegasikan
pekerjaan, dan mendiskusikan kemajuan suatu pekerjaan.
Pokok Bahasan Meetings Discussing
progress, Solving recruitment problem
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan tujuan dari
pokok bahasan mengenai suatu pekerjaan
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan tata cara penerimaan seorang pegawai
·
Menjelaskan cara menggambarkan pengalaman pribadi
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81–
90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Tugas
kelompok : Membuat pertanyaan yang mungkin muncul saat
interview kerja dan jawabannya , 1 orang 5 pertanyaan.
PERTEMUAN 6
Tujuan :
Mahasiswa mampu menjelaskan
pelayanan jasa terhadap konsumen, membuat perbandingan, merespon keluhan
pelanggan, meminta serta memberikan pendapat.
Pokok Bahasan Meetings Asking for and
giving opinions
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan
cara menghadapi konsumen
·
Menjelaskan cara memberikan saran
terhadap keluhan konsumen
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan tata cara pembelajaran dan penilaian
·
Menjelaskan tata cara membuat surat jawaban terhadap keluhan konsumen
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81–
90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
: Tugas kelompok , unutk pertemuan selanjutnya praktek melayani konsumen.
PERTEMUAN
7
Tujuan
: Mahasiswa mampu menjelaskan tentang
perjalanan (travel), mencari informasi tentang perjalanan (travel), dan
mengembangkan suatu percakapan.
Pokok Bahasan Socializing Making
small talk and developing a conversation
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan pengertian Nouns
·
Menjelaskan
perbedaan countable dengan
uncountable nouns
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Membuat Travel Game
·
Memberikan contoh kosa kata yang berhubungan dengan travel/ perjalanan
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
|
|
|
|
|
Penutup
|
81– 90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Tugas Kelompok: Membuat percakapan singkat tentang suatu
perjalanan (travel) menggunakan countable dan uncountable nouns.
PERTEMUAN
8
Ujian Tengah Semester (UTS)
PERTEMUAN 9
Tujuan
: Mahasiswa mampu melakukan pemesanan dan
pengiriman, menjelaskan tentang masa depan, membuat pengaturan, dan memberi
serta menerima saran.
Pokok Bahasan Meetings, Making and
responding to suggestion
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan draft surat
pemesanan barang
·
Menjelaskan draft surat
pengiriman barang
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan perbedaan penggunaan be
going to dengan will dalam membuat
perencanaan, pengaturan dan pengambilan keputusan
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
|
|
|
|
|
Penutup
|
81– 90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Membuat perencanaan dengan menggunakan be going to dan
will.
PERTEMUAN 10
Tujuan : Mahasiswa
mampu menjelaskan tentang penjualan dan pengiklanan, modal usaha, menyela dan
menghindari selaan, serta memimpin diskusi.
Pokok Bahasan Meetings Controlling
the discussion
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan tentang penjualan barang jadi ke konsumen
·
Menjelaskan
beberapa cara penjualan,
manfaat serta kekurangannya masing-masing
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan
cara – cara menyusun suatu
rapat
·
Menjelaskan cara memberi saran dalam rapat
·
Menjelaskan cara menyela/ menyanggah dalam suatu rapat
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
|
|
|
|
|
Penutup
|
81– 90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Tugas kelompok pertemuan selanjutnya praktek rapat
(pro dan kontra).
PERTEMUAN 11
Tujuan : Mahasiswa
mampu menyampaikan idenya, melakukan inovasi dalam pekerjaan, meminta
penjelasan/ klarifikasi, dan memberikan presentasi resmi.
Pokok Bahasan Presenting Giving a
formal presentation
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan arti dan perbedaan cara
presentasi
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan
aspek-aspek dalam menyusun
presentasi formal
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81-90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Buat Presentasi rencana bisnis dalam bentuk powerpoint
.
PERTEMUAN
12
Tujuan : Mahasiswa
mampu merancang sebuah acara perusahaan, kemungkinan yang akan terjadi,
menjelaskan tentang makanan dan minuman, membuat serta menerima undangan.
Pokok Bahasan Socializing Invitations
and offers
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan tata cara membuat proposal acara (event) perusahaan
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan kosa kata jenis-jenis makanan dan minuman yang akan
dihidangkan dalam suatu acara
·
Menjelaskan cara membuat surat undangan
|
·
Presentasi,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81-90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Tugas
kelompok: Membuat surat undangan dan proposal acara lengkap (5-7
org)
PERTEMUAN 13
Tujuan : Mahasiswa
mampu menjelaskan tentang penampilan (performance), penampilan yang akan atau
telah dilakukan, mengatakan perkiraan dalam jumlah besar, serta menggambarkan
trends terkini.
Pokok Bahasan Presenting Describing
trends
Kegiatan Belajar
Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan perbedaan for dan since dalam kalimat
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis
|
Penyajian
|
31–
80
|
· Menjelaskan penggunaan for
dan since dalam menggambarkan suatu trends
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81-90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Pertemuan selanjutnya menggambarkan
trends wanita dan pria terkini.
PERTEMUAN
14
Tujuan : Mahasiswa
mampu menjelaskan tentang pengembangan dan pelatihan diri, memberikan saran,
serta memberikan pemahaman dan memberikan solusi/ jalan keluar.
Pokok Bahasan Exchanging
information showing understanding and suggesting solution
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Presentasi
tugas pertemuan lalu.
|
·
Diskusi,
Tanya jawab.
|
Infocus
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan tentang pengembangan dan pelatihan diri
·
Memberikan respon dan saran menggunakan modal verbs
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81-90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Evaluasi masing masing individu tentang kelemahan dan
kelebihannya.
PERTEMUAN
15
Tujuan :
Mahasiswa mampu menceritakan tentang cita-citanya dalam pekerjaan, mengucapkan
salam perpisahan (say goodbye); dan melakukan presentasi secara personal
Pokok Bahasan Presenting, giving a personal
presentation
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
|
·
Diskusi,
Tanya jawab.
|
Infocus
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menceritakan dan menggambarkan cita-cita dan pekerjaan yang diinginkan
·
Mengucapkan salam perpisahan (say goodbye)
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81-90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Tugas
kelompok membuat rencana bisnis dalam bentuk powerpoint dan
proposal.
PERTEMUAN 16
Ujian
Akhir Semester (UAS).
Mata
Kuliah : Bussines English
Kode Mata Kuliah :
Bobot :
Semester :
PERTEMUAN 1
Tujuan :
Mahasiswa mampu memahami
kegiatan yang dilakukan perusahaan, memperkenalkan diri, bisnisnya dan orang
lain.
Pokok Bahasan : Socializing (greetings and giving personal information, Introducing
yourself, your bussines and make a formal later )
Kegiatan Belajar Mengajar :
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Menjelaskan tujuan mata kuliah
·
Mengaitkan materi dengan program studi
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan
cara memperkenalkan diri, rencana bisnisnya dan orang lain.
·
Menjelaskan
contoh-contoh surat resmi
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81–
90
|
·
Memberikan tugas membuat salah satu surat resmi kepada mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas penampilan mahasiswa
|
·
Mempraktekkan materi ajar
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Tugas
kelompok/mandiri, Menyiapkan tugas untuk pertemuan
berikutnya yaitu memperkenalkan diri, memperkenalkan rencana bisnis dan partner
kerjanya.
PERTEMUAN 2
Tujuan : Mahasiswa mampu menjelaskan suatu pekerjaan dan menggambarkan tentang
rekan kerjanya; menjelaskan tentang pekerjaan tersebut, menyebutkan nomor
telepon dan mengeja nama; serta mengangkat dan menerima panggilan telepon.
Pokok Bahasan Making and
receiving telephone calls
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan tujuan mata kuliah
|
· Mencatat, Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan tata cara melakukan dan menerima panggilan telepon dalam
bahasa Inggris
·
Menjelaskan cara mengeja nomor telepon dan nama
|
· Mencatat, Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81–
90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengeja
nama dan nomor telepon masing-masing
|
· Mempraktekkan materi ajar
|
Papan tulis, Infocus
|
Tugas
kelompok/mandiri: Mempraktekkan cara menelepon dan mengangkatnya dalam
bahasa Inggris secara berpasangan.
PERTEMUAN
3
Tujuan : Mahasiswa mampu menjelaskan struktur
organisasi perusahaan, mengajukan pertanyaan dalam berkomunikasi, menyambut
pengunjung, dan menampilkan informasi secara visual.
Pokok Bahasan Presenting Visual Information
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan tujuan mata kuliah
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis
|
Penyaian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan aturan dalam membuat pertanyaan dalam bahasa Inggris
·
Menjelaskan struktur sebuah perusahaan
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81–
90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Tugas
mandiri dan kelompok : Menampilkan susunan suatu perusahaan secara kelompok
(4-5 orang)
PERTEMUAN
4
Tujuan : Mahasiswa mampu menjelaskan tentang berbagai produk baru dan tingkatan pengembangannya,
menjelaskan tentang pengembangan produk, dan membuat laporan.
Pokok Bahasan Meeting Giving a report
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan tujuan dari
pokok bahasan mengenai peluncuran sebuah produk baru
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan
cara membuat suatu laporan
kegiatan yang telah terselenggara
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81–
90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Tugas
kelompok : Membuat laporan
suatu event secara berkelompok (3-4 orang)
PERTEMUAN
5
Tujuan : Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat dan tata
cara suatu pekerjaan, menceritakan pengalaman pribadi, mendelegasikan
pekerjaan, dan mendiskusikan kemajuan suatu pekerjaan.
Pokok Bahasan Meetings Discussing
progress, Solving recruitment problem
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan tujuan dari
pokok bahasan mengenai suatu pekerjaan
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan tata cara penerimaan seorang pegawai
·
Menjelaskan cara menggambarkan pengalaman pribadi
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81–
90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Tugas
kelompok : Membuat pertanyaan yang mungkin muncul saat
interview kerja dan jawabannya , 1 orang 5 pertanyaan.
PERTEMUAN 6
Tujuan :
Mahasiswa mampu menjelaskan
pelayanan jasa terhadap konsumen, membuat perbandingan, merespon keluhan
pelanggan, meminta serta memberikan pendapat.
Pokok Bahasan Meetings Asking for and
giving opinions
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan
cara menghadapi konsumen
·
Menjelaskan cara memberikan saran
terhadap keluhan konsumen
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan tata cara pembelajaran dan penilaian
·
Menjelaskan tata cara membuat surat jawaban terhadap keluhan konsumen
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81–
90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
: Tugas kelompok , unutk pertemuan selanjutnya praktek melayani konsumen.
PERTEMUAN
7
Tujuan
: Mahasiswa mampu menjelaskan tentang
perjalanan (travel), mencari informasi tentang perjalanan (travel), dan
mengembangkan suatu percakapan.
Pokok Bahasan Socializing Making
small talk and developing a conversation
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan pengertian Nouns
·
Menjelaskan
perbedaan countable dengan
uncountable nouns
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Membuat Travel Game
·
Memberikan contoh kosa kata yang berhubungan dengan travel/ perjalanan
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
|
|
|
|
|
Penutup
|
81– 90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Tugas Kelompok: Membuat percakapan singkat tentang suatu
perjalanan (travel) menggunakan countable dan uncountable nouns.
PERTEMUAN
8
Ujian Tengah Semester (UTS)
PERTEMUAN 9
Tujuan
: Mahasiswa mampu melakukan pemesanan dan
pengiriman, menjelaskan tentang masa depan, membuat pengaturan, dan memberi
serta menerima saran.
Pokok Bahasan Meetings, Making and
responding to suggestion
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan draft surat
pemesanan barang
·
Menjelaskan draft surat
pengiriman barang
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan perbedaan penggunaan be
going to dengan will dalam membuat
perencanaan, pengaturan dan pengambilan keputusan
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
|
|
|
|
|
Penutup
|
81– 90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Membuat perencanaan dengan menggunakan be going to dan
will.
PERTEMUAN 10
Tujuan : Mahasiswa
mampu menjelaskan tentang penjualan dan pengiklanan, modal usaha, menyela dan
menghindari selaan, serta memimpin diskusi.
Pokok Bahasan Meetings Controlling
the discussion
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan tentang penjualan barang jadi ke konsumen
·
Menjelaskan
beberapa cara penjualan,
manfaat serta kekurangannya masing-masing
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan
cara – cara menyusun suatu
rapat
·
Menjelaskan cara memberi saran dalam rapat
·
Menjelaskan cara menyela/ menyanggah dalam suatu rapat
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
|
|
|
|
|
Penutup
|
81– 90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Tugas kelompok pertemuan selanjutnya praktek rapat
(pro dan kontra).
PERTEMUAN 11
Tujuan : Mahasiswa
mampu menyampaikan idenya, melakukan inovasi dalam pekerjaan, meminta
penjelasan/ klarifikasi, dan memberikan presentasi resmi.
Pokok Bahasan Presenting Giving a
formal presentation
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan arti dan perbedaan cara
presentasi
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan
aspek-aspek dalam menyusun
presentasi formal
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81-90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Buat Presentasi rencana bisnis dalam bentuk powerpoint
.
PERTEMUAN
12
Tujuan : Mahasiswa
mampu merancang sebuah acara perusahaan, kemungkinan yang akan terjadi,
menjelaskan tentang makanan dan minuman, membuat serta menerima undangan.
Pokok Bahasan Socializing Invitations
and offers
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan tata cara membuat proposal acara (event) perusahaan
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan kosa kata jenis-jenis makanan dan minuman yang akan
dihidangkan dalam suatu acara
·
Menjelaskan cara membuat surat undangan
|
·
Presentasi,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81-90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Tugas
kelompok: Membuat surat undangan dan proposal acara lengkap (5-7
org)
PERTEMUAN 13
Tujuan : Mahasiswa
mampu menjelaskan tentang penampilan (performance), penampilan yang akan atau
telah dilakukan, mengatakan perkiraan dalam jumlah besar, serta menggambarkan
trends terkini.
Pokok Bahasan Presenting Describing
trends
Kegiatan Belajar
Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Menjelaskan perbedaan for dan since dalam kalimat
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis
|
Penyajian
|
31–
80
|
· Menjelaskan penggunaan for
dan since dalam menggambarkan suatu trends
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81-90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Pertemuan selanjutnya menggambarkan
trends wanita dan pria terkini.
PERTEMUAN
14
Tujuan : Mahasiswa
mampu menjelaskan tentang pengembangan dan pelatihan diri, memberikan saran,
serta memberikan pemahaman dan memberikan solusi/ jalan keluar.
Pokok Bahasan Exchanging
information showing understanding and suggesting solution
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
·
Presentasi
tugas pertemuan lalu.
|
·
Diskusi,
Tanya jawab.
|
Infocus
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menjelaskan tentang pengembangan dan pelatihan diri
·
Memberikan respon dan saran menggunakan modal verbs
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81-90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Evaluasi masing masing individu tentang kelemahan dan
kelebihannya.
PERTEMUAN
15
Tujuan :
Mahasiswa mampu menceritakan tentang cita-citanya dalam pekerjaan, mengucapkan
salam perpisahan (say goodbye); dan melakukan presentasi secara personal
Pokok Bahasan Presenting, giving a personal
presentation
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Durasi Waktu (menit ke)
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media & Alat
|
Pendahuluan
|
1 – 30
|
·
Praktek
tugas pertemuan sebelumnya.
|
·
Diskusi,
Tanya jawab.
|
Infocus
|
Penyajian
|
31–
80
|
·
Menceritakan dan menggambarkan cita-cita dan pekerjaan yang diinginkan
·
Mengucapkan salam perpisahan (say goodbye)
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Penutup
|
81-90
|
·
Memberikan pertanyaan kepada
mahasiwa
·
Mendengarkan
dan memberikan tanggapan atas jawaban mahasiswa
|
·
Mencatat,
Diskusi, Tanya jawab.
|
Papan tulis, Infocus
|
Evaluasi
:
Tugas
kelompok membuat rencana bisnis dalam bentuk powerpoint dan
proposal.
PERTEMUAN 16
Ujian
Akhir Semester (UAS).
No comments:
Post a Comment