Saturday, January 21, 2017

Pengertian kwartil, desil dan persentil


1. Nilai kwartil adalah nilai yang membagi nilai observasi suatu data yang telah diurutkan dari nilai terendah sampai nilai tertinggi menjadi empat bagian yang sama besar. Kwartil 1 adalah nilai pada letak (1/4) n, dimana n adalah jumlah item data. Kwartil 2 adalah nilai pada letak (1/2) n. Nilai ini sama dengannilai median. Kwartil 3 adalah nilai pada letak (3/4). Mencari nilai kwartil 2 adalah sama dengan mencari nilai median. Sedangkan untuk mencari nilai kwartil 1 dan kwartil 3, kita gunakan modifikasi dari rumus untuk mencari median. Perbedaannya adalah, kalau pada rumus median kita menggunakan data letak median yaitu (1/2) n, maka untuk mencri kwartil 1 misalnya, kita gunakan data letak kwartil 1 yaitu (1/4) n. (by modul pembelajaran ibu erni).
Jika sekumpulan data dibagi menjadi empat bagian yang sama banyak, sesudah disusun menurut urutan nilainya, maka bilangan pembaginya disebut dengan kuartil.  Simbol kuartil adalah K.  Dengan demikian, ada tiga buah kuartil, yaitu K1, K2, dan K3.  Pemberian nama dimulai dari nilai kuartil yang paling kecil.  Untuk menentukan nilai kuartil, caranya adalah sebagai berikut :
-            Susun data menurut urutan nilainya, dari terkecil ke terbesar,
-            Tentukan letak kuartil,
-            Tentukan nilai kuartil.

2. Nilai desil adalah nilai-nilai yang membagi nilai observasi suatu data yang telah diurutkan dari nilai tertinggi hingga terendah menjadi 10 bagian yang sama besar. Jika pada kwartil kita mengenal ada 3 kwartil, maka pada desil kita memiliki 9 nilai : mulai dari desil 1 sampai dengan desil 9. Mencari nilai-nilai desil adalah hampir sama dengan mencari nilai-nilai median. Perbedaannya hanya pada letak dari nilai yang dicari. Lambing dari desil adalah D. jadi, 9 buah titik desil dimaksud diatas adalah titik-titik: D1, D2, D3, D4, D5, D6, D7, D8, dan D9. 

3. Persentil adalah atau yang biasa dilambangkan P, adalah titik atau nilai yang membagi suatu distribusi data menjadi seratus bagian yang sama besar. Karena itu persentil sering disebut ukuran perseratusan.
Titik yang membagi distribusi data ke dalam seratus bagian yang sama besar itu ialah titik-titik: P1, P2, P3, P4, P5, P6, … dan seterusnya, sampai dengan P99. jadi disini kita dapati sebanyak 99 titik persentil yang membagi seluruh distribusi data ke dalam seratus bagian yang sama besar, masing-masing sebesar 1/ 100N atau 1%. 
 

No comments:

Post a Comment

INTRODUCTION MY BUSSINES "HIJMA BY AYU"

Hijma adalah singkatan dari Hijab dan Makeup, sedangkan ayu adalah nama pemiliknya. Banyak teman atau saudara merekomendasikan saya ...